Senin, 11 Desember 2017

Begini Cara Mulai Investasi Rumah Kontrakan Bagi Pemula!!!

Begini Cara Mulai Investasi Rumah Kontrakan

Karena kebutuhan rumah akan semakin meningkat dari tahun ke tahun, maka investasi rumah kontrakan Jogja merupakan peluang besar. 

Setiap pintu yang kita kontrakan ibarat mesin pendulang uang atau income generator. 

Tidak hanya memberikan kebaikan secara finansial, pendapatan pasif juga berdampak 
baik terhadap kondisi psikologis seseorang. 

Memang terlihat sederhana, namun demikian kamu perlu mempertimbangkan banyak hal agar dapat mengoptimalkan hasil investasinya. 

kamu bisa memulai dari modal yang kecil. Namun, bisa jadi memberikan hasil yang maksimal. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut ini:

Cari Daerah Kawasan Industri

Kawasan industri selalu tumbuh dari waktu ke waktu. Bukan hanya ditandai dengan berdirinya banyak pabrik, ada banyak faktor lain yang ikut tumbuh karena adanya kawasan industri. 

Akan tumbuh pusat-pusat perekonomian, komersil, pemukiman baru, menambah rantai ekonomi dan bisnis di daerah kawasan industri. 

Namun penggerak dari itu semua adalah para karyawan pabrik. Mereka mendapatkan uang dan mereka juga membutuhkan berbagai hal untuk menunjang kehidupannya. 

Kebutuhan hidup manusia atas tempat tinggal adalah kebutuhan primer yang tidak terelakkan. Memulai usaha pada sektor ini menjadi pilihan yang tepat dan menguntungkan.

Bandingkan Harga Tanah

Inilah kunci dalam investasi rumah kontrakan. Cari harga tanah atau harga rumah yang rendah. Karena harga tanah merupakan faktor penyumbang besar kecilnya dana modal. Semakin kecil modal, semakin besar kemungkinan untuk kembali modal (ROI).

Dengan membandingkan berbagai informasi di atas, barulah kamu dapat menentukan daerah mana yang paling baik untuk investasi rumah kontrakan. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan semakin baik untuk keuntungan kamu di masa mendatang.

KEUNTUNGAN INVESTASI RUMAH KONTRAKAN

Pendapatan Pasif Investasi Rumah Kontrakan
Berbagai hal menjadi pertimbangan untuk memulai investasi. Adapun, hal-hal yang dapat menjadi pertimbangan kamu adalah sebagai berikut.

Harga Sewa Meningkat tiap Tahun

Seiring meningkatnya harga rumah, harga sewa rumah anda juga sebenarnya meningkat. Berbagai sumber menyarankan harga sewa rumah anda tidak kurang dari 5% dari harga jual rumah anda. 

Jadi jika rumah kamu, misalnya, dijual seharga Rp500 juta, maka harga sewa yang pantas adalah Rp25 juta tiap tahunnya. 

Ketika harga rumah meningkat tiap tahunnya, harga sewa juga diharapkan akan meningkat. Peningkatan harga rumah ini diprediksi sebesar 10%-15% tiap tahunnya. 

Namun, ini bukan hitungan yang pasti, semua tergantung pada lokasi, kondisi rumah, dan perencanaan daerah di sana.

Capital Gain yang Relatif Tinggi

Capital gain adalah keuntungan yang anda dapat dari investasi yang anda tanamkan. Ketika menginvestasikan rumah, anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih besar bila dibandingkan dengan jenis investasi properti yang lain, misalnya tanah. 

Tanah kosong, sebagai contoh, tidak memiliki manfaat langsung, atau hanya bisa dimanfaatkan secara terbatas untuk mendapatkan capital gain yang anda harapkan.

Sedangkan ketika anda menginvestasikan rumah, kamu bisa memiliki manfaat langsung yang lebih banyak sehingga bisa menghasilkan capital gain yang lebih besar.

Dapat Digunakan sebagai Agunan

Investasi rumah relatif menguntungkan bila dibandingkan dengan investasi tanah, misalnya, karena rumah bisa digunakan sebagai agunan. Untuk mengembangkan usaha, dalam bidang apapun, anda suatu saat akan membutuhkan pinjaman dari pihak bank dalam jumlah yang relatif besar. 

Rumah anda yang disewakan itu, selain bisa mendatangkan pemasukan pasif bagi anda, juga bisa dijadikan agunan pinjaman.

KEKURANGAN INVESTASI RUMAH KONTRAKAN

Ada Risiko Tidak Terawat
Tentang perawatan rumah adalah hal yang bisa dipandang sebagai kelebihan atau kekurangan. 

Risiko yang bisa saja terjadi adalah anda mendapatkan penyewa rumah yang tidak bertanggungjawab terhadap rumah yang mereka sewa. 

Barangkali hal ini berkaitan dengan tidak adanya rasa memiliki yang melekat pada penyewa, sehingga mereka seakan lepas tangan untuk masalah perawatan rumah dalam hal sekecil apapun.

Capital Rate Relatif Rendah

Capital rate adalah penghasilan bersih yang dapat diterima dari sebuah aset dan biayanya. Mengapa relatif rendah? Sebab harga sewa rumah kontrakan sudah ditentukan sejak awal perjanjian dan tidak ada biaya tambahan lainnya dari kamu sebagai pemilik rumah. 

Berbagai sumber menyebutkan bahwa capital rate rumah sewa rata-rata sebesar 3%-5%. Bila dibandingkan dengan properti lain seperti kios dan ruko. 

Capital rate tersebut lebih rendah karena biasanya kios dan ruko memiliki bangunan yang lebih luas dari luas tanahnya.

Berisiko Digunakan untuk Hal-Hal Negatif

Berbagai berita yang muncul di media menyebutkan bahwa rumah kontrakan seringkali digunakan sebagai tempat untuk menjalankan usaha-usaha yang bertentangan dengan norma dan hukum. 

Misalnya, di sekitar Jakarta banyak ditemukan tempat produksi obat-obatan berbahaya yang dilakukan di rumah kontrakan. 

Atau bahkan banyak juga ditemukan rumah kontrakan yang berada di sekitar kampus, disewa bersama-sama oleh sekelompok mahasiswa untuk menempati beberapa kamar di sana.


Setelah kamu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari investasi rumah kontrakan Jogja, tentu kamu akan semakin percaya diri dalam menjalaninya. 

Perhatikan dan pastikan bahwa keuntungan yang akan kamu peroleh akan lebih banyak dari kerugiannya selama menjalani usaha ini. 

Namun, jika tekun dan mengutamakan kepuasan pengontraknya, pastinya kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar