Minggu, 07 Januari 2018

Jangan Lupa Lakukan Hal-Hal Penting Ini Ketika Anda Naik Gaji


Hal-Hal Penting Ini Ketika Anda Naik Gaji

Prioritas finansial apa yang sudah Anda wujudkan selama ini?
Mungkin Anda sedang bercita-cita traveling ke luar negeri, memiliki investasi reksadana online, atau memiliki hunian pribadi. 

Biasanya keinginan tersebut kerap tertunda karena keterbatasan gaji. Jika Anda berhasil naik gaji dalam waktu dekat, Anda pasti bisa melakukan banyak hal dengan kelebihan pendapatan yang Anda miliki.

Ketika Anda naik gaji nanti, jangan lupa melakukan beberapa hal penting berikut ini:

Mempertahankan Gaya Hidup Sederhana

Tak sedikit orang yang tergiur menjalani gaya hidup lebih mewah dari biasanya sewaktu baru naik gaji. Padahal Anda sama sekali tidak membutuhkannya. 

Sebab Anda masih bisa menjalani gaya hidup sederhana seperti biasa. Anda tak perlu menghabiskan lebih banyak uang hanya demi gaya hidup konsumtif.

Segera Membayar Utang

Kepemilikan utang dalam jumlah besar bisa membuat kondisi finansial Anda terganggu. Terutama bila Anda memiliki utang yang disertai bunga besar. 

Alangkah lebih baik jika Anda segera mengatasinya saat Anda naik gaji. Lunasi utang Anda secepat mungkin dengan mengumpulkan kelebihan gaji Anda. 

Nanti Anda lebih leluasa mengatur kondisi finansial setelah Anda terbebas dari utang.

Menambah Aset Investasi

Kalau selama ini Anda kesulitan berinvestasi karena keterbatasan gaji, maka Anda tak akan mengalaminya lagi setelah naik gaji. 

Justru Anda punya kesempatan menambah aset investasi sesuai kemampuan Anda. Salah satu pilihan investasi yang tak akan membebani Anda adalah reksadana.

Karena ada 4 jenis reksadana yang dapat Anda pilih, yaitu reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, dan reksadana saham. 

Setiap jenis reksadana memiliki peluang keuntungan dan risiko yang bervariasi. Kepemilikan investasi reksadana dapat membuat nilai uang Anda terhindar dari efek inflasi di masa-masa mendatang.

Menyiapkan Dana Darurat

Sama seperti beberapa persiapan finansial lain yang tak bisa dilakukan karena keterbatasan gaji, tak banyak orang yang memiliki kemampuan menyiapkan dana darurat. 

Oleh sebab itu, ketersediaan dana ini bisa mulai Anda sisihkan bila pendapatan Anda lebih memadai. Dana darurat bisa Anda gunakan untuk kebutuhan tak terduga di kemudian hari.

Sehingga nanti Anda tak akan mengalami gangguan kondisi finansial jika ada kejadian mendadak. 

Tabungan dan aset investasi Anda masih dapat dipertahankan sebab Anda bisa memanfaatkan dana darurat terlebih dahulu.

Menyiapkan Dana Pensiun

Kenaikan gaji adalah solusi bagi kebutuhan dana pensiun Anda. Manfaatkan kelebihan pendapatan untuk persiapan dana pensiun. 

Sisihkan dana untuk tabungan pensiun secara teratur. Dengan demikian, nanti Anda tak perlu kerepotan menyiapkan masa pensiun. 

Karena kondisi finansial Anda sudah lebih memadai. Anda tak akan mengalami kesulitan sewaktu memasuki masa pensiun di masa mendatang.

Merintis Bisnis Sampingan

Sudah saatnya Anda berusaha lebih giat untuk menambah pendapatan secara signifikan. Salah satu caranya yaitu menjalani bisnis sampingan. 

Gunakan kelebihan gaji Anda sebagai modal bisnis. Jalankan jenis bisnis yang sudah Anda kuasai dengan baik. Supaya risiko kegagalannya dapat diminimalkan. 

Anda pun akan lebih bersemangat menjalani bisnis yang Anda sukai. Sebab Anda akan merasa lebih tertantang untuk senantiasa berinovasi.

Mendapatkan gaji yang lebih dari biasanya harus membuat Anda tetap bijak mengelola kondisi finansial pribadi. 

Supaya kelebihan gaji Anda bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang bermanfaat. Menjadi pekerja yang mapan bukanlah hal mustahil kalau Anda mahir mengelola kondisi finansial. 

Hindari godaan gaya hidup hedonisme yang hanya akan membuat kondisi finansial Anda terasa berat di masa mendatang.


0 komentar:

Posting Komentar