Sabtu, 10 Maret 2018

Merawat Furniture Berbahan MDF


Merawat Furniture Berbahan MDF

Pernahkah anda berpikir, kemana sisa atau limbah potongan kayu jika tidak digunakan lagi dalam membuat furniture? Jawabannya, dapat diolah untuk menjadi material atau furniture lainnya. 

Sisa atau limbah potongan kayu dapat diolah yaitu dipotong menjadi kecil, lalu dihancurkan menjadi bubur, setelah itu dicampur menggunakan lem dan wax. 

Setelah itu, campuran tersebut ditekan dan dipanaskan sehingga menghasilkan produk yang lebih solid. 

Material ini disebut MDF atau Medium Density Fiberboard. Biasanya, material MDF berbentuk papan dan dapat digunakan untuk membuat furniture. 

MDF juga dapat digunakan sebagai bahan penyerap suara pada sound system.

Banyak furniture Indonesia yang sudah menggunakan MDF sebagai bahan dasar, karena biaya pembuatannya jauh lebih murah dan tidak menghasilkan limbah baru. 

Misalnya adalah lemari, meja, kitchen set, dan lainnya.

Karena berasal dari kayu olahan, kualitas furniture dengan MDF memang tidak sebagus furniture dengan kayu solid. 

Proses pembuatan dengan menggunakan bahan kimia membuat bahan ini cepat lembab (menyerap air) dan mendatangkan jamur. 

Namun, jika ditangani dengan tepat, furniture berbahan MDF dapat bertahan lama dan bebas jamur. Bagaimana caranya? Simak cara di bawah ini.

Menjaga Kelembaban Air dan Udara

Pastikan furniture berbahan MDF selalu dalam kondisi kering, jauh dari sumber air, dan segera dikeringkan apabila terkena air. 

Sedangkan, untuk menjaga kelembaban udara, pastikan ruangan memiliki ventilasi yang baik.

Menjaga Kebersihan Furniture

Kotoran dan air dapat menimbulkan jamur pada furniture, untuk itu bersihkan furniture menggunakan kain lembut secara rutin. 

Anda juga dapat memoles furniture menggunakan bahan poles berbahan dasar minyak atau cairan anti jamur agar furniture tetap terlihat bagus dan kinclong.

Perhatikan Bagian Dalam MDF

Bagian dalam MDF biasanya tidak dicat, untuk menghindari terkena air atau jamur, anda dapat menggunakan penyerap kelembaban seperti silica gel. 

Anda juga dapat mengecat bagian dalam MDF dengan cat berbahan jenis minyak, agar lebih maksimal dalam menghindari air dan jamur.

Hindari Benturan atau Kerusakan

Karena materialnya lunak, hindari benturan, goresan, atau kerusakan lainnya. Tampilan furniture akan kurang baik apabila tergores atau terbentur, dan sulit untuk diperbaiki.

Jangan Beri Beban Berat

Furniture berbahan MDF tidak sekuat kayu solid, jadi usahakan jangan menaruh barang berat di atasnya.

0 komentar:

Posting Komentar